Senin, 14 Desember 2015

Konfigurasi Database Framework Laravel dan Library-Library Penting di Laravel.

Konfigurasi Database Framework Laravel dan Library-Library Penting di Laravel.
Konfigurasi Database Framework Laravel dan Library-Library Penting di Laravel harus dilakukan untuk dapat terkoneksi ke database MySQL. Agar dapat mengolah data dari database, tentu saja Laravel harus dikonfigurasi dahulu. Selain itu Laravel juga membutuhkan beberapa buah library (add-ons) yang harus didownload agar dapat mengimplementasikan beberapa fitur yang umum di pemrograman web, seperti menggenerate html, form dan mencetak PDF.

Membuat Database di MySQL

Untuk membuat database MySQL kita buka PhpMyAdmin menggunakan browser web dengan url http://localhost/phpmyadmin. Kemudian klik tab databases, masukkan nama database, dalam hal ini kita buat dengan nama library. Kemudian klik Create.



Konfigurasi Database Framework Laravel dan Library-Library Penting di Laravel.

Mengkonfigurasi Koneksi Laravel ke MySQL

Untuk mengkoneksikan Laravel ke Database library di MySQL, maka kita buka file xampp/htdocs/bookstore/.env. Kemudian kita edit sesuai dengan konfigurasi Database MySQL seperti di bawah ini :
…

DB_HOST=localhost

DB_DATABASE=library

DB_USERNAME=root

DB_PASSWORD=

…


Menginstall Library Illuminate/HTML

Pada versi Laravel sebelumnya yaitu Laravel 4, Library Illuminate/HTML termasuk dalam library default yang disertakan dalam instalasi laravel standar. Sekarang walaupun pada Laravel 5 tidak lagi disertakan pada paket instalasi standar, tetapi fiturnya sangat dibutuhkan. Oleh karena itu kita install sendiri, caranya buka Command Prompt (DOS), ketikkan perintah berikut ini :

> cd \

> cd xampp\htdocs\bookstore

> composer require illuminate/html


Kemudian tunggu hingga instalasi selesai. Setelah instalasi selesai maka kita buka file konfigurasi Laravel agar bisa mengenali library tersebut, caranya buka file xampp/htdocs/bookstore/config/app.php, tambahkan bagian berikut ini :

'providers' => [

/*

* Laravel Framework Service Providers...

*/

……

Illuminate\View\ViewServiceProvider::class,

Illuminate\Html\HtmlServiceProvider::class,


dan

'aliases' => [

…

'Form'     => Illuminate\Html\FormFacade::class,

'Html'     => Illuminate\Html\HtmlFacade::class,


Menginstall Library Anouar/FPDF

Untuk membuat fitur pencetakan dengan PDF dibutuhkan library tambahan, dalam hal ini kita pakai library Anouar/FPDF. Caranya install dengan Command Prompt (DOS), ketikkan perintah composer berikut ini :

> cd \

> cd xampp\htdocs\bookstore

> composer require anouar/fpdf


Setelah itu tunggu hingga instalasi selesai. Setelah selesai konfigurasi Laravel perlu disesuaikan agar mampu mengenali library ini. Buka file xampp/htdocs/bookstore/config/app.php, kemudian tambahkan baris berikut ini :

'providers' => [

/*

* Laravel Framework Service Providers...

*/

…….

Anouar\Fpdf\FpdfServiceProvider::class,


dan

'aliases' => [

…

'Fpdf'     => Anouar\Fpdf\Facades\Fpdf::class ,


Project selengkapnya yang berisi kode program php dengan Framework Laravel dan contoh-contoh yang akan diterangkan di artikel ini dan artikel-artikel mendatang dapat diunduh disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar