Jumat, 11 Desember 2015

Installasi Framework Laravel, XAMPP dan Composer Artisan

Installasi Framework Laravel, XAMPP dan Composer Artisan
Instalasi XAMPP (Apache, PHP, MySQL)

Laravel bisa berjalan pada suatu komputer apabila telah terinstall Web Server Apache, PHP dan Database MySQL. Dalam hal ini bisa kita install menggunakan paket software yang telah berisi ketiga program tersebut, yaitu XAMPP.
XAMPP dapat didownload di url http://www.apachefriends.org. Kemudian jalankan installer tersebut. Untuk Windows 7, 8 dan 10 ada baiknya dipilih Drive instalasi tidak di drive Windows (Drive C:\ ), hal ini untuk menghindari error akibat permission Windows di Drive C:\ yang terlalu ketat. Misalnya kita pilih lokasi instalasi D:\xampp.
Setelah XAMPP terinstall, kita jalankan XAMPP Control Panel, dan kita start Service Apache dan MySQL.

Instalasi Composer


Laravel dapat diinstal menggunakan software installer bernama Composer. Compser ini akan mendownload Laravel versi terbaru sesuai dengan konfigurasi yang kita perintahkan.
Untuk menginstall composer dapat kita download di url http://getcomposer.org. Kemudian jalankan setup installer tersebut, pilih lokasi tempat php.exe berada, yaitu di folder xampp/php/php.exe.

Instalasi Laravel 5

Setelah software Composer terinstall, maka kita bisa mulai menginstall Laravel dengan membuka Command Prompt (DOS). Klik Start Windows – Run – Ketikkan cmd, <enter>. Komputer harus dalam keadaan terkoneksi ke Internet, karena Composer akan mendownload Laraver dari Internet. Ketikkan perintah berikut ini :

> cd \

> cd xampp\htdocs\

> composer create-project laravel/laravel bookstore --prefer-dist


Kemudian tunggu hingga selesai instalasi Laravel. Setelah selesai dapat anda ketikkan :

> cd bookstore

> php artisan serve


Kemudian silakan dicek dari Browser Web pada URL http://localhost:8000 atau http://localhost/bookstore/public/.

Installasi Framework Laravel 5, XAMPP dan Composer Artisan

Sedangkan project selengkapnya yang berisi kode program php dengan Framework Laravel dan contoh-contoh yang akan diterangkan di artikel-artikel mendatang dapat diunduh disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar